Swipe to the left

10 Perlengakapn Bayi yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

By store admin 2 years ago 1464 Views No comments

Tahukah ayah bunda bahwa mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum lahir tidak perlu mahal, banyak apalagi berlebihan. Sebagai calon orang tua kadang tidak bisa membendung perasaan bahagia sehingga ketika masuk ke sebuah toko perlengkapan bayi, rasanya ingin diborong semua. Perlu ayah bunda ketahui adalah tiga bulan pertama kehidupan bayi akan mengalami perkembangan yang sangat pesat jadi tentu saja ayah bunda tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk barang-barang yang setelah tiga bulan tidak bisa dipakai lagi.

Berikut adalah 10 perlengkapan bayi yang wajib dipersiapkan sebelum lahir:

1. Popok

Popok digunakan sebagai pengganti celana karena bayi baru lahir akan sering buang air kecil dan air besar. Penggunaan popok membuat proses pergantian setelah buang air kecil/besar menjadi lebih mudah. Jangan membeli terlalu banyak cukup 1-2 lusin saja karena hanya digunakan 1-2 bulan saja.

2. Bedong

Bayi baru lahir masih harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bedong akan membantu menjaga bayi tetap merasa hangat seperti ketika mereka masih berada di dalam kandungan. Belilah bedong dengan ukuran yang besar karena akan bisa digunakan terus sampai bayi agak besar.

3. Baju & Celana Bayi

Persiapkan baju lengan panjang dan lengan pendek begitu juga celana panjang dan celana pendek. Jangan membeli baju dan celana terlalu banyak untuk bayi baru lahir, cukup setengah atau satu lusin saja karena bayi cepat besar, biasanya baju yang dibeli di awal hanya cukup sampai umur tiga bulan.

4. Diapers

Popok kain memang lebih direkomendasikan dari pada diapers namun diapers sangat membantu ketika cuaca dingin atau hujan karena bayi akan sering buang air kecil. Selain itu menggunakan diapers juga membantu bayi tidur lebih nyenyak dimalam hari.

5. Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Kaos kaki membantu menjaga kondisi tubuh bayi tetap hangat sehingga boleh dipersiapkan cukup banyak karena bisa dipakai terus menerus. Sementara, jangan terlalu banyak membeli sarung tangan karena hanya digunakan dibeberapa minggu awal saja untuk mencegah bayi mencakar-cakar kulitnya karena akan sulit memotong kuku bayi ketika masih terlalu kecil.

6. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi terdiri dari bak mandi, sabun dan sampo. Namun perlu diperhatikan bahwa kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif sehingga pilihlah sabun dan sampo yang tidak mengandung parfum dengan formula yang aman untuk kulit bayi.

7. Selimut

Pilihlah selimut dengan bahan yang lembut namun juga jangan terlalu berbulu karena akan cepat dihinggapi debu yang justru berbahaya untuk bayi.

8. Alas Pipis

Alas pipis akan memudahkan sang ibu karena tidak perlu mengganti seprai tempat tidur terlalu sering.

9. Gendongan

Gendongan tidak hanya memudahkan sang ibu untuk membawa bayi ketika hendak keluar rumah agar bayi lebih nyaman dan aman. Namun, gendongan juga bisa berfungsi ketika bayi rewel sehingga perlu digendong untuk ditenangkan.

10. Perlengkapan Kesehatan

Perlengkapan kesehatan bayi terdiri dari minyak telon, baby oil, cotton but, kain kassa, gunting kuku khusus bayi dan termometer.

Perlu diingat, perlengkapan bayi harus sudah mulai dipersiapkan sejak dua tau tiga bulan sebelum bulan perkiraan kelahiran. Hal ini penting dilakukan jika saja calon bayi lahir lebih awal dari HPL sehingga kapanpun bayi lahir, perlengkapan bayi sudah siap.