Swipe to the left

Bayi Sulit Tidur? Kenali Penyebabnya!

By Admin 2 years ago 246 Views No comments

Salah satu kebutuhan pokok bayi yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangannya adalah tidur yang berkualitas. Dalam sehari bayi umur 0 – 12 bulan memerlukan waktu tidur selama 14 – 16 jam sehari, walaupun tentu saja kebiasaan tidur setiap bayi berbeda. Semakin muda usia bayi membutuhkan waktu tidur lebih lama. Hanya saja kadang kala ayah bunda harus berhadapan dengan kondisi dimana bayi sulit untuk tidur.

Kondisi ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi, namun juga berpengaruh buruk untuk ayah bunda yang tentunya harus bergadang. Oleh karena itu, jika kondisi ini terus berulang maka cobalah ayah ibu kenali penyebabnya terlebih dahulu, karena setelah itu akan lebih mudah untuk mencari solusinya.

Beberapa hal yang sering menjadi penyebab mengapa bayi menjadi sulit tidur:

  • Demam
  • Kolik
  • Terlalu Bersemangat
  • Perubahan Tempat

Kondisi ini ditandai dengan suhu tubuh bayi yang lebih tinggi dari biasanya. Untuk mengatasinya jangan buru-buru memberinya obat, sebaiknya coba kompres terlebih dahulu tubuh bayi dengan air hangat yang suhunya 1˚C lebih tinggi dari suhu tubuh bayi. Jika cara ini masih belum berhasil, sebaiknya segera hubungi dokter.

Kolik adalah kondisi dimana bayi menangis secara terus menerus yang kadang bisa berjam-jam dan tentu saja akan membuat bayi menjadi sulit tidur. Penyebabnya sendiri sampai saat ini masih belum dapat dipastikan namun erat kaitannya dengan adanya rasa ketidaknyamanan yang dialami oleh bayi. Jika bayi mengalami kolik, posisikan bayi senyaman mungkin, mulai dari jenis pakaian yang dikenakan sampai posisi menggendong yang paling disukai bayi, lakukan semuanya sampai bayi tenang.

Jangan dikira membuat bayi tetap terjaga di siang hari akan membuatnya tidur nyenyak di malam hari. Hal ini justru membuat bayi stress karena kurangnya waktu tidur di siang hari sehingga akan lebih rewel di malam hari. Pastikan ayah bunda mengetahui jadwal tidur harian bayi dan pada malam hari, usahakan mengajak bayi tidur pada jam yang sama, dengan suasana dan tempat yang sama. Misalnya, ketika waktu tidur tiba, ajak bayi Anda masuk kamar, redupkan lampu dan nyalakan lagu lembut. Bayi akan memahami bahwa waktu tidur sudah tiba.

Seperti yang disebutkan pada poin 3 yaitu bayi akan sangat mudah mengenali kebiasaannya sehari-hari. Menidurkannya di tempat yang berbeda hanya akan membuat bayi bingung karena berbeda dari kebiasaannya sehari-hari dan hal ini juga bisa membuat bayi menjadi sulit tidur.

Ke empat poin di atas bisa menjadi panduan ayah bunda untuk mengenali beberapa penyebab utama yang membuat bayi menjadi sulit tidur. Yang perlu diingat adalah kebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh penting pada pola tidur bayi.