Swipe to the left

Bayi Terlalu Banyak Digendong akan Bau Tangan Mitos atau Fakta?

By Admin 2 years ago 1119 Views No comments

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘bau tangan’. Istilah yang digunakan jika bayi terlalu banyak digendong yang katanya bisa berakibat bayi menjadi manja dan rewel jika tidak digendong. Selain itu juga sering dihubung-hubungkan ketika bayi terlambat berjalan, maka penyebabnya adalah karena terlalu sering digendong sehingga bayi menjadi malas. Benarkah begitu? Apakah bayi terlalu banyak digendong akan ‘bau tangan’ atau hanya sekedar mitos?

Tahukan bunda bahwa menggendong bayi merupakan salah satu metode pengasuhan yang sangat penting? Pahami juga apakah menggendong memberikan lebih banyak manfaat atau justru sebaliknya?

Manfaat Untuk Bayi

  • Saat menggendong bayi maka bunda tidak hanya berbagi suhu tubuh dengan sang buah hati namun juga kondisi emosional bunda. Oleh karena itu bayi yang digendong cenderung lebih tenang karena bayi akan merasa lebih aman.
  • Bayi yang tenang tentu saja tidak mudah stress. Bayi yang tidak mudah stress artinya bayi yang berbahagia. Selain itu bayi tidak suka sendirian ketika terjaga karena membuat mereka merasa tidak aman. Dalam gendongan bunda bayi akan merasa lebih bahagia.
  • Bayi yang terlambat berjalan karena terlalu banyak digendong merupakan mitos belaka. Karena dengan digendong, emosi bayi menjadi lebih tenang sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih seimbang dan maksimal termasuk perkembangan fungsi motoriknya.
  • Bayi yang selalu di dalam gendongan sang bunda akan diajak untuk beraktifitas bersama sang bunda setiap hari sehingga bayi dapat lebih mudah memahami lingkungan sekitarnya lewat emosi sang bunda. Selain itu bayi menjadi lebih cepat belajar berbicara karena mendengar dan menyimak pembicaraan sang bunda sejak kecil.
  • Saat menggendong bayi bukan berarti bunda tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Malah bunda akan menjadi lebih tenang melakukan pekerjaan karena tidak perlu jauh dari sang buah hati.
  • Posisi menggendong juga memudahkan sang bunda untuk memberikan ASI.
  • Kegiatan menggendong tidak hanya membuat bayi lebih tenang dan bahagia, hal yang sama juga akan dirasakan oleh sang bunda karena ikatan batin bunda dan anak menjadi lebih kuat.
  • Bunda tidak repot karena bayi cenderung lebih tenang di gendongan sang bunda sehingga menjadi lebih gampang ditidurkan.

Manfaat Untuk Bunda

Jadi bunda mulai sekarang jangan takut ya dengan istilah ‘bau tangan’ karena ternyata menggendong memiliki banyak sekali manfaatnya.

Happy Parenting.