Swipe to the left

Informasi Seputar Pertumbuhan Gigi pada Bayi

By Willy Suhali 2 years ago 211 Views No comments

Ketika berbicara mengenai sang buah hati selalu saja muncul berbagai macam kekhawatiran dan salah satunya adalah mengenai pertumbuhan gigi bayi. Pertanyaan seperti “Kok umur segini gigi bayiku masih belum tumbuh ya?” atau “Apakah bayi selalu demam saat tumbuh gigi?” dan masih banyak lagi. Yuk, bunda kita mengenal lebih jauh informasi seputar pertumbuhan gigi pada bayi.

Gigi Susu Pertama

Memang betul pada umumnya bayi tumbuh gigi pada umur 4-6 bulan namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama atau justru lebih cepat dikarenakan setiap bayi berbeda. Pada umur 24 – 36 bulan harusnya gigi susu sudah tumbuh semua dengan total gigi susu sebanyak 20 buah yang masing-masing sebanyak 10 gigi untuk bagian atas dan bawah.

Demam Karena Tumbuh Gigi

Demam yang tidak terlalu panas akan selalu mengiringi proses pertumbuhan gigi sang buah hati, jadi bunda jangan panik ya karena hal ini tergolong normal. Lakukan tindakan yang biasa bunda lakukan ketika sang buah hati mengalami demam.

Perlukah Menggunakan Teether?

Teether bukanlah barang wajib yang harus dimiliki namun cukup direkomendasikan karena saat tumbuh gigi, bayi jadi ingin sering menggigit-gigit apapun yang bisa dijangkaunya untuk digigit karena gusi gatal yang kadang juga diiringi oleh rasa nyeri. Dari pada sang buah hati menggigit barang-barang yang tidak jelas lebih baik sediakan teether yang memang dibuat khusus untuk membantu bayi mengatasi ketidaknyamanan akibat tumbuh gigi.

Gigi Tumbuh Terlalu Dini

Ada yang mengatakan bahwa gigi tumbuh terlalu dini harus segera dicabut. Hal tersebut merupakan anggapan yang salah, namun memang gigi yang tumbuh terlalu dini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada sang ibu ketika menyusui. Gigi harus dicabut jika gigi tersebut goyang dengan alasan takut tertelan oleh si bayi ketika gigi tersebut tiba-tiba lepas.

Lalu bagaimana ketika gigi tak kunjung tumbuh? Memang ada beberapa kasus dimana bayi masih belum juga tumbuh gigi bahkan ketika sudah berumur satu tahun. Jika demikian adanya memang sebaiknya bunda segera memeriksakan kondisi buah hati ke dokter gigi. Lewat foto rontgen biasanya dokter mampu mengidentifikasi mengenai ada tidaknya cikal bakal gigi. Jika ada maka bunda tidak perlu khawatir walaupun ada pula kasus dimana tidak ditemukannya benih gigi namun sangat jarang sekali terjadi.