Swipe to the left

Ingin Bayi Anda Tumbuh Cerdas? Yuk, Lakukan 5 Langkah Stimulasi Sederhana Ini!

By Admin 2 years ago 188 Views No comments

Agar bayi tumbuh cerdas yang dibutuhkan hanyalah keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan bayi, tak hanya fisik namun juga perkembangan otak dan emosional sang buah hati. Untuk itu diperlukan stimulasi yang tepat. Berikut lima langkah stimulasi sederhana yang bisa ayah bunda lakukan:

  • Hujani Bayi dengan Ciuman Sesering Mungkin
  • Gendong Bayi Setiap Ada Kesempatan
  • Beri Bayi Pelukan
  • Ketika Berdekatan Selalu Tatap Matanya
  • Mengajak Bayi Berbicara

Bayi sangat suka sekali dicium karena hal tersebut tidak hanya membuat bayi merasa senang namun juga memberikan rasa aman. Jangan hanya mencium wajahnya saja tapi hujani bayi ciuman di sekujur tubuhnya. Namun lakukan dengan lembut ya ayah bunda karena mencium bayi dengan kasar hanya akan membuat bayi tidak nyaman.

Menggendong bukan sekedar aktifitas fisik bagi bayi namun juga kesempatan untuk belajar tentang kasih sayang. Selain itu bayi belajar banyak lewat emosi sang bunda ketika berada dalam gendongan. Menggendong bayi bisa dengan posisi tidur ataupun disandarkan di dada. Irama detak jantung yang teratur berpengaruh langsung pada otak bayi sehingga baik untuk kecerdasan emosi dan perkembangan kognitif bayi.

Siapa sih yang tidak suka dipeluk? Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa pelukan bisa membantu mengurangi stress. Hal yang sama juga berlaku untuh bayi. Pelukan akan membuat bayi tidak mudah stress dan tentunya lebih bahagia yang berpengaruh langsung pada maksimalnya pertumbuhan dan perkembangan baik kecerdasan pikiran maupun emosionalnya.

Kontak mata memberikan stimulasi khusus pada kemampuan bayi dalam mengingat. Walau penglihatan bayi masih belum sempurna namun lewat kontak mata bayi belajar untuk mengingat wajah ibunya. Berbicara sambil menatap matanya akan membantu bayi merasa lebih diperhatikan dan disayang.

Jangan hanya karena bayi belum bisa memahami apa yang ayah bunda bicarakan membuat kegiatan berbicara dengan bayi menjadi sia-sia. Justru malah sebaliknya, semakin sering bayi diajak bicara akan semakin banyak kosa kata yang didengarnya dan ketika bayi memasuki usia dimana kemampuan berbicara mulai berkembang maka bayi akan lebih cepat belajar berbicara karena sudah terbiasa mendengar kata-kata ketika diajak berbicara oleh ayah bunda.

Menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak harus mahal apalagi sampai harus meminta bantuan secara profesional karena hasil terbaik justru stimulasi dilakukan langsung oleh ayah atau bunda. Kelima langkah di atas bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah.