Swipe to the left

Memahami Lebih Jauh tentang Bayi Kolik dan Cara Mengatasinya

By store admin 2 years ago 1024 Views No comments

Apakah yang dimaksud dengan bayi kolik? Bayi kolik adalah sebuah kondisi dimana bayi menangis dengan berlebihan selama berjam-jam yang kadang terjadi tiba-tiba dan tanpa sebab apapun. Orang tua mana yang tidak panik ketika melihat bayinya menangis tanpa henti. Oleh karena itu penting bagi ayah bunda untuk mencari tahu lebih banyak tentang kondisi ini, karena percaya atau tidak, bayi yang berumur dibawah 4 bulan dan mengalami kolik, yaitu menangis berjam-jam, masih dianggap wajar atau normal. Namun tentu saja, tidak menutup kemungkinan hal tersebut justru merupakan indikasi terhadap kondisi yang jauh lebih serius.

Adapun ciri-ciri bayi yang mengalami kolik adalah sebagai berikut:

  • Menangis berlebihan tanpa henti selama berjam-jam. Bahkan bisa mencapai tiga jam atau lebih.
  • Wajahnya memerah.
  • Kedua tangan terkepal.
  • Sering melengkungkan punggung.
  • Kadang sering menarik lutuk ke perut.
  • Ketika bayi Anda mengalami kolik, cobalah kondisikan bayi Anda senyaman mungkin, misalnya ganti bajunya dengan yang agak longgar, digendong dengan posisi yang paling bayi Anda senangi dan biasanya dibedong juga bisa membantu menenangkan bayi terutama bayi yang masih berumur dibawah dua bulan.
  • Periksa kembali popoknya apakah basah atau mungkin terlalu ketat sehingga bayi merasa tidak nyaman.
  • Di beberapa kondisi, memijat bayi juga dapat membantu menenangkan bayi kolik.
  • Pastikan bayi Anda tidak kepanasan atau kedinginan.
  • Letakkan bayi Anda di pundak sehingga bayi Anda berada pada posisi seperti terlungkup sambil ditepuk-tepuk pundaknya, karena perasaan ingin muntah juga bisa membuat bayi menangis.

Jika bayi Anda mengalami ciri-ciri seperti tersebut di atas maka kemungkinan besar bayi Anda mengalami kolik sehingga Anda tidak perlu panik. Namun tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja, berikut adalah beberapa cara yang bisa ayah bunda ambil untuk mengatasinya:

Anda perlu khawatir jika bayi menangis namun kondisi tubuhnya lemah atau tidak bertenaga, muntah dengan cairan hijau, mengalami kejang, disertai demam tinggi, kulit terlihat pucat dan di beberapa bagian tubuh terlihat membiru. Jika demikian segeralah periksakan ke dokter. Namun tentu saja, jika ayah bunda masih merasa ragu karena frekuensi kolik terlalu sering terjadi disarankan untuk segeralah konsultasikan ke dokter untuk mengetahui tindakan paling tepat untuk mengatasinya.