Swipe to the left

Panduan Praktis Berbicara dengan Sang Buah Hati

By Admin 2 years ago 184 Views No comments

Berbicara dengan bayi bukanlah kegiatan yang sia-sia karena mengajak bayi bicara merupakan salah satu langkah stimulasi agar bayi bisa tumbuh cerdas dengan memaksimalkan kemampuan berbicaranya. Memang betul ketika diajak berbicara, bayi tidak akan memahami apa yang ayah bunda bicarakan namun bukan berarti mereka tidak belajar. Lewat emosi sang bunda ketika berbicara bayi bisa belajar tenang rasa senang, marah atau sedih begitu juga melalui intonasi suara yang didengarnya. Oleh karena itu walaupun bayi tidak memahami apa ayan bunda bicarakan namun juga tidak boleh sembarangan berbicara dengan sang buah hati. Berikut panduan praktis bagaimana harus berbicara dengan sang buah hati yang juga dapat membantu memaksimalkan perkembangan kemampuan berbicaranya:

  • Ajak bayi berbicara seperti halnya ayah bunda berbicara seperti biasa. Jangan menggunakan bahasa yang dicadel-cadelkan karena justru nantinya bayi juga ikut berbicara cadel.
  • Ketika berbicara dengan bayi gunakan mimik muka yang menyenangkan dengan intonasi yang semenarik mungkin.
  • Jangan mengajak bayi berbicara dalam suasana yang ramai atau ribut karena bayi akan mudah bingung.
  • Gunakan bahasa yang sederhana dan konsisten. Jangan menggajarkan kata-kata yang sulit kepada bayi.
  • Berbicaralah kepada bayi sambil menatap matanya untuk membuatnya lebih fokus sehingga lebih cepat menangkap kata-kata yang ayah bunda ajarkan.
  • Simak ketika bayi berceloteh seolah-olah ayah bunda memahami apa yang sang buah hati bicarakan. Begitu juga sebaliknya berbicaralah seolah-olah sang buah hati paham apa yang ayah bunda sedang bicarakan.
  • Selain berbicara, ayah bunda bisa juga mengajak sang buah hati bernyanyi sambil bertepuk tangan atau sambil membunyikan krincing-krincing sederhana.
  • Perhatikan tanggapan sang bayi ketika ayah bunda mengatakan sesuatu. Ulangi jika bayi terlihat bersemangat begitu sebaliknya ketika bayi berceloteh coba ikuti kata-katanya sehingga bayi merasa diperhatikan.
  • Sering-sering saja berbicara kepada bayi walaupun kesannya ayah bunda seperti berbicara pada diri sendiri namun hal tersebut memiliki kontribusi yang sangat signifikan pada tumbuh kembang sang buah hati.
  • Yang terpenting adalah pahami ketika bayi sudah merasa bosan atau mengantuk. Itu artinya segera sudahi obrolan karena kalau tidak bayi justru bisa stress.

10 langkah di atas memang terlihat sederhana namun memiliki fungsi yang luar biasa terhadap tumbuh kembang sang buah hati terutama kemampuan berbicara sang bayi. Mengajak sang buah hati berbicara sesering mungkin akan membantu menstimulasi kemampuan berbicaranya.