Swipe to the left

Tips Membawa Bayi Bepergian dengan Pesawat

By Admin 2 years ago 203 Views No comments

Sebagian besar orang tua akan memilih untuk tidak bepergian dulu selama sang buah hati masih berumur dibawah satu tahun. Namun kadang kala terdapat situasi yang memang mengharuskan orang tua untuk bepergian bersama sang buah hati walaupun masih kecil. Jika bepergian dilakukan dengan mobil maka cukup keamaan standar saja yang harus diikuti, namun bagaimana jika membawa si kecil bepergian dengan menggunakan pesawat terbang?

Berikut adalah beberapa poin penting yang ayah bunda perlu perhatikan ketika berencana untuk membawa sang buah hati bepergian dengan pesawat terbang:

  • Pastikan umur bayi aman untuk bepergian dengan pesawat terbang. Umur tiga bulan sudah bisa dikategorikan sebagai usia yang aman. Namun agar perjalanan aman, periksakan dulu kondisi sang buah hati ke dokter dan minta juga surat rekomendasi bahwa sang buah hati boleh bepergian dengan pesawat.
  • Pilih jadwal penerbangan yang sesuai dengan jam tidur bayi. Sebaiknya pilih penerbangan malam karena bayi tidur lebih lama pada malam hari.
  • Informasikan kepada pihak maskapai bahwa ayah bunda akan membawa serta sang buah hati agar awak pesawat bisa mempersiapkan sabuk pengaman tambahan atau tempat duduk tambahan.
  • Jangan duduk di deretan emergency exit dan sebaiknya pilih kursi di deretan depan yang memiliki ruang yang lebih luas sehingga bunda bisa lebih leluasa mengurus bayi.
  • Sebaiknya duduk di sisi lorong sehingga memudahkan bunda keluar masuk ketika bayi rewel dan perlu membawanya berjalan-jalan.
  • Jangan membawa terlalu banyak barang, cukup yang penting-penting saja.
  • Untuk menghindari bayi mengalami sakit telinga karena perubahan tekanan udara, susui bayi atau berikan empeng karena aktifitas menelan akan membantu menyeimbangkan tekanan udara dalam telinga sehingga tidak sakit.
  • Bawa ASIP jika bunda merasa tidak nyaman menyusui di antara penumpang atau bisa juga membawa penutup yang juga dapat berfungsi membuat bayi menjadi lebih hangat karena biasanya suhu udara di dalam pesawat cukup dingin.
  • Pastikan bayi tidak kelaparan atau kehausan ketika di pesawat karena bayi akan cenderung rewel. Bawakan mainan atau ajak bayi melakukan aktifitas karena bayi cenderung cepat bosan ketika hanya duduk saja.
  • Ketika pesawat mendarat, jangan terburu-buru meninggalkan tempat duduk untuk menghindari berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Kesepuluh poin di atas perlu diingat oleh ayah bunda yang hendak membawa sang buah hati bepergian dengan pesawat. Walaupun sangat memungkinkan bagi bunda untuk bepergian sendirian namun sebaiknya ajak orang terdekat untuk menemani demi keamanan dan kenyamanan juga tentunya.